Jumat, 31 Juli 2015

Limbah merupakan sumber daya alam yang telah kehilangan fungsinya akumulasi limbah memiliki potensi menjadi polutan dan mengganggu keindahan.
Bermacam-macam limbah yang ada di sekitar lingkungan manusia :
1. limbah cair
2. limah padat
3. limbah organik
4. limbah anorganik
5. limbah rumah tangga
6. limbah pabrik/industri
Upaya pengolahan dan penangan limbah yaitu dengan memanaatkan kembali limbah yang masih dapat dipakai.
Untuk mengurangi limbah padat dapat dilakukan proses penimbunan dalam skala besar kemudian dibakar yang dapat menghasilkan gas hasil pembakaran untuk menggerakkan turbin.
Di beberapa negara maju telah banyak dilakukan pemisahan sampah organik dan anorganik untuk daur ulang.

Bioteknologi Pengolahan Limbah.
A. Penghasil Gas Bio
Energi yang dikembangkan saat ini misalnya melalui produksi gas bio oleh mikroorganisme. Gas bio adalah gas metana yang di produksi oleh mikroorganisme di dalam medium kotoran ternak pada suatu tangki fermentor. Mikroorganisme kemudian mencerna kotoran itu menjadi gas metana yang dapat di alirkan ke rumah-rumah sebagai penghasil energi mirip gas elpiji. Sedangkan limbahnya dapat digunakan sebagai pupuk.

B. Pemisahan dan Pengolahan Limbah Logam Berat.
Chromium adalah limbah logam berat yang bersifat racun. Bakteri Enterobacter cloacae mampu mereduksi chromium menjadi tidak beracun.
Bakteri kemoaitotrof adalah bakteri yang hidup dari zat-zat organik misalnya besi dan belerang, dan memperoleh energi dari pemecahan bahan kimia tersebut. Energi yang diperoleh digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air untuk disintesis menjadi zat-zat organik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!