Sabtu, 25 April 2015

PEMELIHARAAN KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI
Massa remaja  merupakan masa dewasa awal yang umunya memiliki hasrat ingin tahu besar tentang kehidupan orang dewasa sehingga jika tidak dapat mengendalikan diri, mereka akan melakukan hal-hal yang sebenarnya belum banyak diketahui. Pendidikan seks (seks education) sebenarnya tidak sebatas hubungan kelamin antara laki-laki dan perempuan. Tetapi menyangkut aspek biologis, psikologi, social dan moralitas.
Kebutuhan seks merupakan salah satu ciri biologis manusia, tetapi yang membedakan manusia dengan makhluk lain adalah manusia sehat jasmani dan rohani memiliki aspek kontrol diri yang  baik karena itu pendidikan seks tidak hanya sebatas hubungan kelamin habis itu selesai, tetapi dari sisi tanggung jawab moral dan sosial. Sebab seksualitas sebenarnya merupakan bagian dari kehidupan manusia sehingga saat ini bukan hal yang tabu lagi tetapi perlu juga di cermati bahwa seksualitas bukan sarana pemuas nafsu belaka. Itulah mengapa manusia dianggap sebagai makhluk berbudi jika aspek pengendalian diri dapat dijalankan.
Pemeliharaan kesehatan organ reproduksi sebenarnya seperti menjaga kesehatan tubuh karena organ reproduksinya juka merupakan bagian dari sistem organ tubuh kita. Hal ini diawali dari kesehatan makanan/minuman yang dikonsumsi, kebersihan badan, juga aktifitas fisik seperti olah raga dan terlebih pola pergaulan sehat yang tidak berakibat pada rusaknya organ-organ tubuh dan organ kelamin. Adapun pola pergaulan yang berakibat pada rusaknya fungsi organ-organ tubuh, seperti pemakaian alkohol, napza dan free seks yang ketiga itu sangat erat kaitanya.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan organ alat reproduksi pada wanita :
- Disarankan agar kaum wanita membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau air besar, seeloknya menggunakan air.
-  Hindari sering berlatih douching yaitu memasukkan jari atau ejakulasi ke dalam vagina dengan tujuan membersihkan bagian dalam vagina. Perbuatan ini akan menyingkirkan sejenis bakteri loctobacili dari vagina di samping mengungkapkan vagina dan bagian luar kemaluan pada bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit.
-  Ketika haid, Anda disarankan sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari yang banyak darah. Ini karena darah merupakan media yang paling sesuai untuk kuman berkembang biak.
-  Pasangan suami istri diggalakkan membersihkan alat kelamin dengan air sebelum dan setelah hubungan kelamin untuk menjamin kebersihan yang optimal. Amalkan membuang air kecil lebih kurang setengah jam setelah hubungan seks untuk mengurangi risiko infeksi pada kandung kemih.
-  Hindari menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada alat kelamin karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit dan akan menjadi gatal. Beberapa wanita sensitif dan alergi pada kandungan pewangi serta buih sabun.
-  Selain dari itu, bengkak nanah juga dikaitkan dengan infeksi dan pasien mengeluh sakit dan demam. Perawatan adalah secara incisional dan drainage untuk menggeluarkan nanah dan konsumsi antibiotik. Bisul juga bisa terjadi pada wanita yang sering mencukur. Jadi kebersihan cukur harus dititikberatkan.
-  Celana dalam harus diganti setiap hari dan pada hari-hari yang mengalami keputihan, lebih baik memakai panty liner sehingga tidak menempel pada pakaian dalam yang menyebabkan ketidaknyamanan.
- Tanda-tanda keputihan yang berpenyakit seperti pertukaran warna dari jernih, putih kekuningan atau kehijauan atau berdarah. Jika keputihan terlalu banyak, kental kecil, gatal dan berbau, tanda-tanda bengkak, pedih atau sakit pada alat kelamin. Jika infeksi menyebar ke leher rahim atau sistem peranakan, wanita akan mengeluh sakit pada bagian bawah perut serta demam.
- Wanita yang mengalami keputihan pada alat sulit seharusnya harus tahu membedakan antara keputihan biasa dan yang berpenyakit. Keputihan normal dapat terjadi pada waktu-waktu seperti beberapa hari sebelum haid, ketika gairah seks, kehamilan dan klimakterik atau setelah menopause.
- Kebanyakan wanita sebenarnya tidak membutuhkan produk atau obat perawatan alat kelamin jika langkah-langkah yang disarankan diikuti dengan bijak. Obat hanya harus diambil untuk mengobati infeksi dan keputihan yang tidak normal.
- Sebaiknya wanita yang mengalami masalah keputihan disarankan dokter untuk mendapatkan konfirmasi apakah dia sakit atau tidak, sehingga pengobatan dapat diberikan sebelum penyakit menjadi lebih serius.
- Jika setelah menggunakan produk tersebut dan timbul rasa gatal, pedih, kemerahan, Anda disarankan tidak menggunakannya lagi dan jumpalah dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
- Segelintir wanita merasa nyaman dan puas ketika mereka membersihkan dan merawat alat kelamin dengan produk yang berada di pasar. Anda disarankan memikirkan bahan makanan yang tidak mendatangkan efek samping, yang tidak mengubah ph vagina dan telah diuji kebersihannya.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan organ alat reproduksi pada pria :
- Sunat. Kalau tidak disunat, harus lebih teliti dalam membersihkan daerah kelamin. Sunat dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi Anda karena kelenjar-kelenjar di sekitar ujung penis Anda setiap hari menghasilkan smegma, suatu zat berwarna putih dan agak lengket. Bila tidak dibersihkan, smegma akan membusuk, bercampur keringat dan bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap serta dapat menimbulkan infeksi. Pada penis yang disunat, kepala penis ada dalam keadaan terbuka sehingga mudah membersihkannya. Pada penis yang tidak disunat, masih ada kulit yang menutupi sebagian kepala penis, disebut kulup (foreskin). Biasanya, smegma menumpuk di balik kulit ini. Untuk membersihkan, tariklah kulup ke arah belakang, dan cuci bersih permukaan kepala penis dan juga kulit serta lipatan-lipatannya.
-  memiliki dan menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun karena bahan ini dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tidak menyebabkan lembab pada daerah kelamin Anda.
- Hindari juga dengan pemakaian celana dalam atau luar yang terlalu ketat karena selain akan membuat peredaran darah Anda tidak lancar, juga akan menyebabkan penis dan testis Anda menjadi kepanasan. Panas yang berlebihan akan menurunkan kualitas sperma sehingga menurunkan kemampuannya untuk membuahi sel telur.
- Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil.
- Penis harus dicuci dengan air dan sabun lembut minimal sehari sekali.
-  Sesudah mencuci alat kelamin, jangan lupa mengeringkannya dengan handuk atau lap sebelum memakai celana kembali. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya jamur yang menimbulkan rasa gatal di sekitar alat kelamin karena jamur sangat mudah tumbuh di daerah yang lembab. 

PERILAKU SEKSUAL YANG SEHAT
Perilaku seksual yang sehat tidak dapat diperoleh begitu saja, tetapi berawal dari nilai-nilai yang ditanamkan oleh keluarga, kebiasaan, dan gaya hidup yang didapat dari lingkungan keluarga maupun masyarakatnya. Tekanan rekan-rekn sebaya sering membuat remaja semkin bingung, antara keinginan mengikuti pengaruh negatif rekannya atau mempertahankan kendali dirinya. Perilaku seksual erat kaitannya dengan perilaku emosi dan kematangan psikis, karena perilaku seksual yang sehat adalah bukan pada hubungan suami istri, tetapi pada lebih pada bagaimana memahami dan menngatasi dorongan seksualnya, misalnya dengan cara oleh raga, seni, jurnalistik, sosial dan kegiatan lain yang menimbulkan rasa percaya diri.
Pergaulan Menurut Islam
Surat Al Hujurot ayat 13. 
“Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.
Allah berfirman bahwa Ia menciptakan manusia berbangsa – bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenali. Artinya, Allah swt memerintahkan manusia untuk bersosialisasi dan saling bergaul satu dengan yang lainnya. Allah swt juga menjelaskan di dalam ayat ini bahwa manusia diciptakan berbeda-beda dari berbagai suku dan bangsa, dan Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dengan apa yang dimiliki orang tersebut karena sesungguhnya yang paling mulia dihadapan Allah swt adalah orang yang paling bertakwa.
Pergaulan merupakan suatu fitrah bagi manusia karena sesungguhnya manusia merupakan makhluk sosial. Manusia juga memiliki sifat tolong-menolong dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Namun, di zaman sekarang ini banyak sekali remaja yang terjerembab dalam kemaksiatan akibat salah pergaulan, seperti maraknya video mesum, pemerkosaan, dan berbagai perilaku menyimpang lainnya. Hal ini dapat terjadi karena pergaulan tidak dibentengi dengan iman yang kokoh sehingga mudah tergoyahkan oleh arus pergaulan yang bersifat negatif.
Semakin maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja, mengharuskan para remaja belajar tentang pergaulan yang benar secara islam dan sesuai syariat sejak dini.
Adab – adab pergaulan dalam islam :
- Pertama, hendaknya setiap muslim menjaga pandangan matanya dari melihat lawan jenis secara berlebihan. Dengan kata lain hendaknya dihindarkan berpandangan mata secara bebas. Perhatikanlah firman Allah berikut ini,
- Kedua, hendaknya setiap muslim menjaga auratnya masing-masing dengan cara berbusana islami agar terhindar dari fitnah. Secara khusus bagi wanita Allah SWT berfirman,
- Ketiga, tidak berbuat sesuatu yang dapat mendekatkan diri pada perbuatan zina (QS. 17: 32) misalnya berkhalwat (berdua-duaan) dengan lawan jenis yang bukan mahram. Nabi bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah berkhalwat dengan seorang wanita (tanpa disertai mahramnya) karena sesungguhnya yang ketiganya adalah syaithan (HR. Ahmad).
- Keempat, menjauhi pembicaraan atau cara berbicara yang bisa ‘membangkitkan selera’.
- Kelima, hindarilah bersentuhan kulit dengan lawan jenis, termasuk berjabatan tangan sebagaimana dicontohkan Nabi saw, “Sesungguhnya aku tidak berjabatan tangan dengan wanita.” (HR. Malik, Tirmizi dan Nasa’i).
- Keenam, hendaknya tidak melakukan ikhtilat, yakni berbaur antara pria dengan wanita dalam satu tempat. Hal ini diungkapkan Abu Asied, “Rasulullah saw pernah keluar dari masjid dan pada saat itu bercampur baur laki-laki dan wanita di jalan, maka beliau berkata: “Mundurlah kalian (kaum wanita), bukan untuk kalian bagian tengah jalan; bagian kalian adalah pinggir jalan (HR. Abu Dawud).


MATERI DAN SOAL BIOLOGI SISTEM REPRODUKSI
  1. AIR SUSU IBU 
  2. FERTILISASI, KEHAMILAN DAN KELAHIRAN 
  3. KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI
  4. ORGAN KELAMIN WANITA DAN OOGENESIS 
  5. ORGAN REPRODUKSI PRIA DAN SPERMATOGENESIS 
  6. PEMBENTUKAN GAMET PADA TUMBUHAN
  7. PEMELIHARAAN KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI DAN PERILAKU SEKSUAL YANG SEHAT
  8. POLINASI/PERSARIAN DAN FERTILISASI 
  9. PUBERTAS DAN MENSTRUASI. 
  10. REPRODUKSI ASEKSUAL
  11. REPRODUKSI SEKSUAL
  12. Soal Biologi Sistem Reproduksi (2) 
  13. TEKNOLOGI REPRODUKSI 
  14. soal biologi sistem reproduksi


Sumber :
BIOLOGI untuk SMA/MA kelas XI, R Gunawan Susilowarno, dkk, Penerbit Grasindo, 2007
http://ryanaircustomerservice.blogspot.com/2013/05/cara-menjaga-kesehatan-alat-reproduksi.html
http://www.purtierplacenta.com/perawatan-organ-reproduksi-pria/
https://fattfatma.wordpress.com/2013/07/31/aturan-pergaulan-menurut-syariat-islam/


1 komentar:

  1. Jual produk-produk dari nasa untuk perawatan kesehatan tubuh
    http://info.nasajakarta.top/
    http://info.na-sa.top/

    kukuhimanputraraharja@gmail.com

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!