Jumat, 03 April 2015

Suatu teknologi sebagai hasil dari pemikiran manusia, selain memiliki manfaat, juga memiliki dampat atau pengaruh yang merugikan, sebaik apapun teknologi itu. Penemuan telpon seluler misalnya, begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh, tetapi disisi lain, penemuan hp dapat mempermudah para penjahat dalam melakukan aksinya. Begitupula bioteknologi, selain manfaatnya sangat besar, tetapi disisi lain ada dampak yang merugikan. Dampak tersebut biasanya dirasakan setelah beberapa saat yang akan datang. Berbagai dampak yang timbul, antara lain gngguan kesehatan, terganggunya keanekaragaman hayati dan ekosistem, ketergantungan pada teknologi, timbulnya kontroversi serta munculnya patogen super.
1. Gangguan kesehatan
Produk rekayasa di bidang kesehatan dapat juga menimbulkan masalah serius.
Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa telah menyebabkan 31 orang meninggal di Inggris. TomatFlavr Savrt diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotik.Susu sapi yang disuntik dengan hormon BGH disinyalir mengandung bahan kimia baru yang punya potensi berbahaya bagikesehatan manusia.
Tidak semua masyarakat menerima bioteknologi, karena menganggap melawan kodrat alam. Padahal sebenarnya para ahli hanya mencontoh peristiwa yang terjadi di alam. Bioteknologi yang menimbulkan kontroversi misalnya bayi tabung, pengklonan manusia dan transplantasi organ. Belum ada hukum yang mengikuti perkembangan bioteknologi, misalnya hukum tentang nenek yang mengandung cucunya. Ada kekhawatiran keterampilan merekayasa gen dimanfaatkan untuk kejahatan, misalnya mengubah gen bakteri untuk menjadi ganas dan digunakan untuk senjata biologi.
Munculnya organisme transgenik yang belum diketahui dampaknya. Organisme transgenik dikhawatirkan justru akan mempengaruhi keseimbangan alam, sulit dikendalikan atau dapat membahayakan keselamatan manusia.
Selain itu, di bidang kesehatan manusia terdapat kemungkinan produk gen asing, seperti, gen cry dari bacillus thuringiensis maupun bacillus sphaeericus, dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh mausia, perlu di cermati pula bahwa insersi (penyisipan) gen asing ke genom inang dapat menimbulkan interaksi antara gen asing dan inang produk bahan pertanian dan kimia yang menggunakan bioteknologi.
Penyisipan gen asing pada tanaman komoditas, misalnya kedelai atau jagung, bisa eunculkan protein yang bersifat alergen (enimbulkan alergi) pada sebagian orang.

2. Terganggunya keanekaragaman hayati dan ekosistem.
Kecenderungan masyarakat hanya menanam varietas unggul menyebabkan tersingkirnya tanaman varietas lokal yang tidak unggul. Disamping itu protein insektisida yang dibawa oleh tanaman transgenik dapat membunuh serangga amfoter sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

3. Ketergantungan pada Teknologi
Jika tidak menguasai perkembangan bioteknologi, sangat mungkin masyarakat kita akan selalu bergantung pada produk yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi besar. Sebagai contoh, petani akan selalu membeli benih setiap kali akan menanam semangka tanpa biji karena tidak mampu membuat benih sendiri.

4. Timbulnya Kontroversi
Rekayasa genetika dapat menimbulkan kontroversi di masyarakat terjadinya penyisipan  gen dari hewan atau dari manusia ke hewan. apalagi penyisipan gen itu berasal dari hewan yang diharamkan. Kloning berbagai jenis hewan telah berhasil dilakukan, tetapi kloning manusia tentu akan memunculkan masalah, baik ditinjau dari sudut sains, masyarakat apalagi agama.

5. Munculnya Patogen Super
Lepasnya mikroba yang telah direkayasa dapat menyebabkan terjadinya pertukaran genetik dengan mikroba patogen sehingga patogen tersebut memiliki sifat-sifat yang membuatnya menjadi unggul, misalnya kebal terhadap antibiotik. Hal itu menyebabkan sulitnya membunuh mikroba tersebut.

MATERI YANG BERKAITAN :
  1. BIOTEKNOLOGI
  2. DAMPAK BIOTEKNOLOGI 
  3. PENGERTIAN dan DASAR PENGEMBANGAN BIOTEKNOLOGI 
  4. PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG KESEHATAN
  5. PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG PELESTARIAN LINGKUNGAN 
  6. PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG PERTANIAN DAN PETERNAKAN 
  7. PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG REPRODUKSI 
  8. PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM INDUSTRI MAKANAN 
  9. PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM PRODUKSI BAHAN ORGANIK 
  10. SERBA-SERBI BIOTEKNOLOGI


Sumber :
Menjelajah Dunia BIOLOGI Kelas XII untuk SMA dan MA, Sri Pujiyanto, Penerbit Platinum, 2006

https://oktavianipratama.wordpress.com/2013/02/21/dampak-penggunaan-bioteknologi/

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!