Selasa, 31 Maret 2015

Soal Evolusi Pilihan Ganda
Isilah titik-titik dibawah ini agar menjadi kalimat yang lengkap!

1. Tetesan-tetesan sop purba diperkirakan mengawali kemunculan sel primitif...........
2. Dua Ilmuwan, yaitu............ dan ............. mengatakan bahwa kehidupan berasal dari laut yang merupakan tempat berkumpulnya zat-zat organik yang disebut sop purba atao koaservat.
3. Isolasi tingkah laku, isolasi ekologis, isolasi musiman, isolasi mekanis, dan isolasi gamet termasuk mekanisme pengisolasian.....
4. Isolasi .......... merupakan isolasi yang disebabkan oleh perbedaan masa aktif reproduksi anggota-anggota ppopulasi dalam satu tahun.
5. Jika suatu anggota populasi tidak dapat bereproduksi dengan anggota populasi lainnya, populasi tersebut dinamakan....
6. frekuensi gen di masyarakat dapat mengalami perubahan karena berbagai hal, antara lain....,  .....,  ...., dan migrasi
7. .............. adalah proses menjadikan hewan atau tanaman liar menjadi hewan atau tanaman budidaya sesuai dengan keinginan manusia
8. Perkembangan makhluk hhidup dari zigot hingga menjadi dewasa akhirnya disebut..................
9. Homologi merupakan alat-alat tubuh yang memiliki fungsi............., tetapi memiliki bentuk dasar yang..............
10. Menurut Darwin, spesies yang sekarang berasal dari.............

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas !

1. apakah yang dimaksud dengan evolusi?
2. Apakah yang mendasari teori evolusi menurut darwin
3. Bagaimanakah Teori Darwin dan Lamarck menjelaskan mengapa jerapah yang ada sekarang berleher panjang ?
4. Mengapa populsi kupu-kupu Biston bestularia bersayap cerah berkurang setelah revolusi indutri di Inggris
5. Apasajakah yang dijadikan petunjuk adanya evolusi ?
6. Jelaskan contoh adanya homologi dan analogi sistem organ !
7. Mengapa fosil dapat dijadikan petunjuk adanya evolusi
8. Di suatu kota yang berpenduduk 2 juta orang terdapat 9% laki-laki butawarna. Berapakah jumlah perempuan yang menderita buta warna ?
9. Jelaskan mengapa pemakaian insektisida tidak teratur dapat meningkatkan serangan hama ?
10. Mengapa para pendukung teori  penciptan menganggap teori volusi tidak dapat menjelaskan bagaimana kehidupan di bumi bermula.
11. Sebutkan fenomena-fenomena yang menyatakan betapa lemahnya teori Evolusi !
12. Sebutkan 3 kelemaha teori Darwin ?
13. Jelaskan terjadinya spesiasi aopatrik!
14. Jelaskan mekanisme evolusi mutasi gen!
15. Apakah yang dimaksud dengan mekanisme pengisolasian !
16. Jelaskan proses percobaan Stanley Miller sesuai gambar dibawah ini !
17. Jelaskan pendapat anda, apakah gambar dibawah ini menunjukkan adanya proses evolusi !

Studi Kasus

Manusia Berkaki Empat dari Turki, Bukti evolusi ?
satu lagi perdebatan mengenai evolusi manusia sejak ditemukan sejumlah orang yang berjalan menggunakan kedua kaki dan tangannya. Lima orang bersaudara di pedalaman Turki diketahui berjalan secara alami menggunakan kedua pasang kaki dan tangannya. Apakah ini berarti tangan manusia berasal ari kaki depan yang berevolusi ? Para ilmuwan yakin bahwa cara berjalan seperti ini dilakukan oleh hominid yang berkaki empat. Membebaskan jari-jarinya agar dapat melakukan manuver berjalan lebih nyaman dan cekatan adalah faktor penting dalam proses evolusi.
Dari bentuk dan permukaan telapak tangan menunjukkan bahwa pola tersebut sangat lama karena kebiasaan dan bukan sebuah tipuan semata. Bagaimanapun, yang mereka tunjukkan adalah cara berjalan yangdilakukan oleh nenek moyang manusia sebelum berevolusi. Humphrey berharap temuan ini dapat menjadi bukti-bukti baru untuk menguak sejarah evolusi manusia. Humprey yakin gaya berjalan ini merupakan ciri kebiasaan manusia yang ditinggalkan sejak tiga juta tahun yang lalu. Meskipun demikian, lanjut Humprey kebiasaan ini mungkin bagian dari hasil pengasuhan orang tuanya yang dibiasakan sejak masa kanak-kanak.

Pertanyaan :
1. Apakah kemampuan berjalan dengan tangan seperti pada teks di atas dapat dijadikan sebagai bukti evolusi ? Berilah argumen dan jawaban!
2. Tuliskan pemikiran anda bagaimana cara membuktikan bahwa kemampuan cara berjalan seperti di atas diperoleh dari moyangnya secara turun temurun.
3. Jika benar bahwa moyang manusia berjalan dengan empat kaki, mengapa cara itu ditinggalkan ?





0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!