Selasa, 17 Februari 2015



Segala sesuatu yang kita ukur disebut besaran. Besaran digolongkan menjadi dua yaitu besaran pokok (besaran dasar) dan besaran turunan.

1. Besaran pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuanya sudah didefenisikan. Nilai suatu besaran  akan punya arti jika dinyatakan dengan satuanya. Contohnya, “panjang sebuah meja 2,5 m”. Jika hanya disebutkan “ panjang sebuah meja 2,5”. Maka berarti.
Pada umumnya, masyarakat ilmiah menggunakan satuan sistem internasional (si) atau sistem metrik untuk menyatakan hasil pengukuran. Ada tujuh contoh besaran pokok yang satuannya telah ditentukan berdasarkan (SI)
Tabel besaran pokok :
Besaran
Satuan dalam SI
Disingkat
Panjang
Meter
m
Massa
Kilogram
kg
Waktu
Sekon
s
Temperatur
Kelvin
K
Kuat arus listrik
Ampere
A
Intensitas cahaya
Candela
cd
Jumlah zat
Mol
mol
Satuan dasar pada tabel diatas telah didefinisikan terlebih dahulu. Definisi itu sendiri mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu agar diperoleh satuan standar yang sifatnya tetap (tidak mudah berubah karena perubahan situasi dan kondisi lingkungan) dan mudah dibuat ulang.

Satuan standar panjang.
Ada banyak satuan panjang yang dipakai oleh kelompok atau bangsa tertentu, seperti  inci, lig dan jengkal. Namun masyarakat ilmiah mrnggunakan sistem SI atau metrik, yaitu meter.  
Mula-mula satu meter didefinisikan sebagai sepersepuluh juta kali jarak khalustiwa ke salah satu kutub bumi dan dibuat batangan platina untuk menyatakan panjang itu. Pada tahun 1889, satu meter didefininsikan dengan lebih tepat, yaitu jarak antara dua guratan pada meter standar berupa batang platina Iridium yang disimpan  di Biro Berat dan ukuran di kota Sevres, dekat Paris. Pada tahun 1960, satu meter didefinisikan sebagai 1.650.763,73 kali panjang gelombang cahaya oranye tertentu yang dipancarkan gas kryton-86. Sejak tahun 1983, definisi satu meter adalah panjang lintasan cahaya dalam ruang vakum selama interval waktu 1/299.792.458 sekon.

Satuan standar Massa.
Gambar Kilogram Standar yang disimpan di Bereau
Mula-mula satu kilogram didefinisikan sebagai masssa kilogram standar berupa silinder platina Iridium yang disimpan di Biro Berat dan Ukuran di kota Sevres, dekat Paris. Saat ini, definisi satu kilogram adalah massa satu liter air murni pada suhu 4oC.
Satuan Standar Waku
Didrfinisikan Selama bertahun-tahun, satu sekon didefinisikan sebagai 9.192.631.770 kali periode gelombang cahaya yang dihaasilkan oleh transisi tertenu atom sesium.
Definisi satuan standar lainnya adalah sebagai berikut :
Satu kevin sama dengan 1/272,6 kali suhu termodinamika titik tripel air.
Satu ampere sama dengan kuat arus yang mengalir dalam sepasang penghantar lurus (panjang tak terhingga) sejajar berjarak 1 meter satu sama lain sehingga masing-masing penghantar haya magnet per satuan panjang kawat sebesar 2.10-7 N/m.
Satu kandela adalah besarnya intensitas radiasi benda hitam sempurna seluas 1/600.000 m2 pada suhu 1793oC dan tekanan 1 atmosfer.

2. Besaran turunan
Besaran turunan yaitu besaran yang stuannya dijabarkan dari satuan besaran pokok. Contohnya besaran kalajuan yang dijabarkan dari besaran jarak dibagi besaran waktu. Untuk mengetahui satuan besaran kelajuan lihat contoh berikut.
Kelajuan (v)  = Jarak (s) / waktu (t)
Kelajuan (v) = m/s = ms-1
Jadi satuan dari besaran kelajuan adalah m/s atau ms-1.

Contoh soal
Apa satuan dari besaran turunan
a. massa jenis
b. beraj jenis
Jawab :


a.   Massa jenis (ρ) merupakan perbandingan antara massa (m) terhadap volume (V) suatu benda.
Satuan massa (m) = kg
Satuan volume (V) = m 3
Satuan massa jenis
Ρ = m/V  =  kg/m3 = kgm-3

b.   Berat jenis merupakan perbandingan antara berat (w) terhadap volume (V) benda.
Berat (w)  = massa (m)  x pe rcepatan grafitasi (g)   = kg  x m/s2
Satuan berat (w)   =   kgm-2
Satuan volume (V)  = m3
Berat jenis = berat (w)/ volume (m3)   =   (kgms- 2 )/m 3   =   kgms -2 s -2
.  
MATERI YANG BERKAITAN

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!